Sunday, November 15, 2009

Pasangan Hidup



hmm... saya lagi bingung tentang yang namanya jodoh atau pasangan hidup..

Kita semua tahu, manusia diciptakan oleh Sang Pencipta berpasang-pasangan, ada laki-laki, ada perempuan. Setiap individu dapat dipastikan sudah ditentukan jodohnya sejak kelahirannya di bumi. Namun kita sendiri tidak tahu siapakah jodoh kita kelak. Yang kita lakukan mengikuti arus hidup yang bagaikan air mengalir dengan segenap usaha kita yang maksimal.

Adakalanya hal tentang jodoh atau pasangan hidup kerap memberikan tanda tanya bagi kita semua, khususnya para orang dewasa yang memang sudah cukup umur untuk menikah. Para individu yang dewasa tersebut mulai mempertimbangakan achievment apa saja yang ia akan targetnya pada hidupnya. Seperti jabatan, karir, finansial, pendidikan, serta jodoh.
Manusia dengan segala egonya, tentu akan mengingankan semuanya sempurna dan terbaik dalam aspek-aspek tersebut.

Saya adalah salah satu manusia tersebut..
Saya mempunya beberapa target dalam hidup saya,,
saya ingin cepat-cepat menjadi sarjana, lalu melanjutkan pendidikan saya ke jenjang s2, mempunyai jabatan yang bagus dalam karir saya kelak, memiliki usaha sendiri, ingin membahagiakan kedua orangtua saya dengan berbagai prestasi yang mengagumkan, dan yang terakhir, saya ingin menikah,,ingin memiliki suami yang memang terbaik untuk saya juga anak-anak yang manis serta cerdas.

Oke, saya akui, saya saat ini baru berusia 20 tahun,,jalan saya masih terbilang panjang untuk menuju ke gerbang pernikahan,
Sebelum saya berfikir untuk menikah, saya harus menuntaskan target-target saya yang lainnya dulu yang tadi saya sebutkan diatas. Setelah yang lainnya tercapai, baru saya akan memulai hidup baru saya dengan yang namanya pernikahan.

Namun, tidak ada salahnya kan kalo kita mulai memikirkan seperti apa orang yang tepat untuk menjadi pasangan hidup saya?
Jangan salah faham dulu, saya tidak kebelet untuk menikah kok,, saya cuma berfikir, tidak ada salahnya kalau saya mulai memilih dan menilai siapa kah yang pantas menjadi pasangan hidup saya kelak..

selama beberapa lama, saya sempat menelaah omongan orang-orang tentang pasangan hidup, yaitu...
(ini saya ambil dari sisi wanita, karena saya memang seorang wanita. tapi ini juga bisa jadi pertimbangan pria dalam memilih wanita. hanya kata-kata pria nya dibalik jadi wanita).


1. Kalau kata dosen saya,,,,,,,
kalau mau lihat bagaimanakah tanggung jawab seorang pria, lihatlah dari pekerjaannya. Apabila pria tersebut memiliki pekerjaan dan dia sangat giat bekerja atau dengan kata lain tidak malas, ditambah pekerjaannya untuk ke depannya memiliki prospek yang bagus,maka dapat dipastikan pria tersebut termasuk dalam kriteria pria yang bertanggung jawab. Karena pria yang memiliki pekerjaan berarti adalah pria yang memiliki visi ke depan, mau berusaha, mandiri, dan tentunya akan dapat menghidupi kita kelak. (tapi dalam hal ini bukan berarti wanita malas bekerja dan bergantung pada finansial suami lhoh,,wanita pun juga banyak yang bekerja).

2. Kalau dari salah satu kutipan di novel Being 20something is Hard!,,,,,
Kalau seorang laki-laki siap nikahin pacarnya, ia pasti akan mengutarakan kesiapannya itu ke pacarnya bahwa ia siap menikahi pacarnya itu hari ini/suatu saat nanti yang telah ia tentukan, (meskipun baru komitment kata-kata saja), maka dapat dipastikan laki-laki itu siap berkomitmen dan sudah yakin dengan masa depannya.

3. Kalau dari salah satu majalah wanita,,,,,,
Apabila mau melihat pria tersebut akan menjadi suami dan bapak yang baik, lihatlah apakah ia memiliki hewan dan merawatnya dengan baik. Lihat juga apakah pria tersebut menyukai anak-anak atau justru jengkel dengan kejahilan anak-anak. Bila pria tersebut memiliki hewan dan memeliharanya dengan baik, serta pria tersebut menyukai anak kecil, maka tidak diragukan lagi, pria tersebut adalah calon bapak yang baik untuk anak-anaknya kelak dan memiliki jiwa kebapakan.

4. Kalau kata ayah saya,,,,,
Apabila mau lihat respek seorang pria dan keseriusan dia terhadap kita, jangan hanya melihat perilakunya terhadap kita. Lihat juga bagaimanakah perilaku dia terhadap orang-orang sekitar kita, seperti keluarga kita, sahabat, rekan, dan lain sebagainya lalu lihat juga perilakunya terhadap lingkungan luar. Apabila perilakunya terhadap orang-orang disekitar menyenangkan dan peduli, maka dapat dikatakan pria tersebut memiliki respek yang baik. Selain itu, lihat juga bagaimana cara dia mendekatkan kita dengan keluarga dan teman-temannya. Apabila dia mau mendekatkan kita dengan orang-orang di lingkungannya, maka pria tersebut membukakan pintu lebar-lebar ke dunianya dan menerima kita untuk lebih tahu tentang dia.

yahhh kurang lebih begitu lah beberapa poin untuk menilai seseorang apabila hendak kita jadikan pasangan hidup. Namun saya sendiri masih bingung seperti apakah pasangan hidup saya kelak.
Meskipun sebenarnya saya sudah memiliki pacar yang hubungan kami kurang lebih terbilang cukup lama, namun saya masih belum tahu apakah ia akan menjadi cinta sejati saya (pasangan hidup/jodoh saya). Saya dan dia sih berharap ia. Tapi yah saya tetap berfikir realistis, untuk membiarkan semuanya bagaikan air yang mengalir. Karena apapun jadinya nanti saya dan pacar saya,pasti itu adalah jalan terbaik dari Sang pencipta. Toh kalo jodoh takkan kemana. Tapi tentu saja saya terus berusaha dan berdoa semoga memang ia lah orangnya.


Terus semangat....!! \(^_^)/

No comments:

Post a Comment