Thursday, April 2, 2015

Parfum Berdasarkan Jenis dan Aromanya

Heyhoo Bloggers..

On this post I wanna give you some information about fragrance

Well, wewangian atau parfum bukanlah hal asing lagi untuk wanita ataupun pria. Baik pria dan wanita pastinya memiliki wewangian andalan yg biasa digunakan. Baik untuk dipakai sehari-hari, ataupun untuk ke acara-acara tertentu.. Bahkan tidak hanya orang dewasa dan kalangan remaja yang menggunakan wewangian, para produsen wewangian juga memproduksinya untuk segmen anak-anak dan balita.

Pada dasarnya wewangian memang penting. Aroma parfum akan menjadikan orang-orang disekitar kita akan lebih nyaman dengan kita, selain dari itu aroma parfum juga bisa menjadikan ciri khas dan kepribadian dari pemakainya. Sekedar info, di agama yang saya anut, yaitu  islam, wewangian adalah item yang bisa dibilang wajib untuk kita miliki. Nabi Muhammad SAW, sangat suka dengan wewangian. Beliau kerap menggunakan wewangian di kala beribadah, sedang bersama istrinya, ataupun ke pertemuan-pertemuan.

***

Masih tentang wewangian, untuk jenis wewangian sendiri ada berbagai macam.... mereka dibagi berdasarkan kandungan alkoholnya dan ketahanan wanginya... Adapun jenis-jenisnya adalah:

a. Eau de Cologne (EDC)
Jenis wewangian ini yang paling ringan. Kadar alkoholnya paling tinggi dan hanya terdapat sekitar 5 persen campuran essence, sehingga wanginya cepat menguap. Meski tergolong ringan, cologne  atau kadang disebut juga Body Mist tetap jadi pilihan karena memiliki aroma yang menyegarkan tubuh dan tahan hingga 2-3 jam. Cocok digunakan sehabis mandi seperti body spray dan body splash.

b. Eau de Toilette (EDT)
Jenis wewangian ini satu tingkat lebih tinggi diatas cologne. Kadar alkoholnya tidak setinggi cologne, dengan kadar essence-nya sekitar 12 persen, sehingga wanginya cukup tahan lama. Jenis ini paling banyak dicari karena aromanya ringan, tidak terlalu tajam, dan awet hingga 6-12 jam.

c. Eau de Perfume (EDP)
Wanginya tahan lama hingga 24 jam. Jenis wewangian ini memiliki kadar alkohol yang lebih sedikit, sementara kadar essence-nya berkisar 15-22 persen, sehingga aroma wanginya kuat dan tahan lama sesuai bila digunakan saat malam hari seperti saat datang ke acara-acara formal seperti pesta.

d. Perfume
Dari semua jenis wewangian, perfume paling awet dan bisa bertahan hingga 48 jam. Kadar essence-nya mencapai 22 persen tanpa campuran alkohol.

***

Selain dibagi berdasarkan jenisnya, wewangian juga dibagi berdasarkan tipe aromanya. Yaitu:

FLORAL
This is one of my favorite. Hampir setiap wewangian yang saya gunakan beraroma floral.hehe.
Aroma floral berasal dari wangi bunga-bungaan seperti mawar, Anggrek dan melati. Katanya sih ini cocok untuk yang berkepribadian feminin dan romantis.

CHYPRE
Aroma ini merupakan gabungan antara bargamot, oakmoss, dan labdanum. Karakteristik wewangiannya ditandai oleh aroma apricot dan custard yang sangat khas, bila dalam Bahasa Prancis lebih dikenal dengan cyprus. Parfum ini lebih cocok digunakan bagi pria lembut dan romantis dalam suasana dingin atau malam hari.

FRESH FRUITS
This is my another fav! :)
Terdiri dari aroma tumbuhan dan buah yang menyegarkan seperti citrus, orange, limes, dan grapefruit. Jika kalian temasuk orang yang dinamis, aktif dan suka beraktivitas di luar, aroma fresh fruit bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan parfum Anda.

AMBERS
Aroma ambers merupakan campuran dari vanilla, bunga-bungaan, wood, dicampur dengan minyak camphorous. Jenis aroma yang satu ini dapat membawa pikiran maupun mood ke suasana oriental yang eksotis. Parfum ini cocok bagi yang romantis, namun ingin terkesan misterius dan maskulin.

CITRUS
Karakteristik utama citrus adalah aromanya yang menyegarkan dan langsung tercium begitu disemprotkan. Aroma ini berasal dari jeruk dan sejenisnya seperti lemon, tangerine, clementine dan grapefruits. Kebanyakan aroma citrus digunakan untuk jenis parfum eau de teoilette. Bagi Anda yang aktif, sporty, lively, dan berkepribadian ekstrovert, aroma jenis ini merupakan teman yang tepat untuk menemani aktivitas anda.

FOUGERE
Dengan campuran dasar lavender, coumarin, dan oakmoss, aroma fougere biasanya ditandai oleh perpaduan wangi rempah bercampur aroma wood. Termasuk dalam aroma parfum yang memerlukan waktu untuk Beradaptasi dengan kondisi tubuh. Untuk Anda yang ambisius, classy, namun sedikit konvensial. Wewangian lembut ini bisa jadi pilihan Anda.

WOODY
Wewangian ini didominasi oleh aroma kayu khasa di kepulauan Pasifik Selatan yang ciri khasnya ditandai oleh aroma sandalwood dan cedar. Bagi yang suka berpetualang, independen dan menyukai tantangan, wewangian ini akan sangat cocok menemani hari-hari Anda.

***

Jadi,, jenis dan aroma apa yang akan kalian pilih untuk wewangian kalian? :)

2 comments: