Saturday, October 10, 2009

Manajemen Stress




Menurut Wholistic Stress Control Institute, setiap orang punya cara unik dalam menghadapi stres. Penelitian yang mereka lakukan menunjukan kalau ada sejumlah cara efektif untuk melakukan hal ini, diantaranya adalah:

1. Pastikan ada waktu buat bersantai dan bersenang-senang.

Sisakan waktu paling tidak satu kali dalam seminggu untuk bersantai. Misalkan menghabiskan setengah siangmu untuk berleyeh-leyeh di sofa sambil menonton TV dan dengan cemilan kesukaanmu, pergi ke salon, ataupun hal-hal lainnya yang bisa membuatmu santai.Berkumpul dengan teman-teman terdekat juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena keceriaan dan lelucon-lelucon saat berkumpul dengan teman-teman terdekat bisa membuat kita lebih rilex dan tidak kepalang lelah dengan kegiatan rutin kita di lima hari kerja.

2. Baca sesuatu yang membangkitkan inspirasi.

Bacalah buku-buku yang bermanfaat untuk kehidupan kita dan bisa membangkitkan semangat serta inspirasi baru. Misalnya Chicken Soup for the Soul dan buku sejenisnya

3. Curhat dengan teman.
Jangan menyimpan masalah sendirian. Kita bukanlah superhero yang bisa menahan segala tekanan dunia yang datang. Adakalanya kita juga membutuhkan tempat untuk bersandar, berbagi cerita, dan mendapatkan solusi dari orang terpercaya. Curhatlah dengan teman yang kiranya bisa dipercaya.


4. Melakukan hobby yang kita gemari.

Jalani kembali hobby kita yang sudah sempat terlupakan karena kemarin-kemarin terlalu sibuk. Melukis,traveling, menyanyi, memancing, apapun itu yang pastinya kamu gemari. Melakukan hobby yang kita gemari akan membuat fikiran-fikiran kita yang kusut menjadi cerah kembali.

5. Olahraga secara rutin dan teratur.
Olahraga secara teratur terbukti membuat kita menjadi lebih bugar dan terhindar dari sakit. Dengan kondisi badan yang fit, tentu kemungkinan stress dan lelah berkepanjangan dapat terhindar. Biasakan paling tidak setiap pagi untuk berolahraga dahulu sebelum memulai aktivitas harian. Olahraga bisa apa saja, tidak harus yang mahal. Bisa dengan bersepeda, lari pagi, senam, dan lain sebagainya.


6. Bernyanyi atau berteriak sekeras-kerasnya (dengan catatan nggak ganggu lingkungan sekitar).

Apabila sudah benar-benar penat, berteriak dan bernyanyi bisa menghilangkan sedikit kepenatan tersebut. Ajaklah teman ke tempat karaoke, danbernyanyilah bersama-sama dengan mereka. Bisa juga kita ke daerah pegunungan, pantai, air terjun, dan tempat sepi lainnya, kemudian berteriaklah disana. Mau yang lebih seru? Datang ke taman rekreasi, dan naiklah wahana extream seperti roller coaster, kamu bisa berteriak tanpa harus mengganggu bukan? :)

7. Stop menjalankan sesuatu pekerjaan dengan Sistem Kebut Semalam.

Hindari mengerjakan apapun mepet dengan deadline. Sesuatu yang dikerjakan dengan tergesa-gesa dikarenakan waktu yang sudah mepet terbukti menjadi pemicu stress dikalangan deadliners.

8. Ngemil sehat.
Hindari makan makanan junkfood dan berlemak. Ngemil lah dengan makanan sehat seperti buah-buahan segar, roti gandum, susu kedelai, dll. Dengan makanan yang sehat, maka hidup kita pun sehat. Dengan hidup sehat tentu penyakit bisa terhindarkan pula. Orang yang sakit tentu akan lebih mudah terpicu stress bukan? :)


9. Lakukan segala hal satu persatu.. Jadi nggak belibet.

Buatlah list apa saja yang akan kita lakukan. fokuslah dengan apa yang kita kerjakan. Hindari melakukan beberapa hal sekaligus dalam waktu yang sama. Karena itu akan membuat fikiran terpecah dan belibet.

10. Berhenti mengkhawatirkan hal-hal yang belum terjadi! Just let it be and always believe with what God will give after here is good to you.




Salam,
Dey :)

No comments:

Post a Comment